8 Senjata Tradisional Minangkabau Beserta Gambar dan Penjelasannya

Selain dikenal sebagai masyarakat perantau, masyarakat Minangkabau juga dikenal dengan keahliannya dalam seni bela diri. Banyak jawara-jawara yang berasal dari Minangkabau. Para jawara tersebut biasanya akan membawa senjata khas dari Minangkabau. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja senjata tradisional minangkabau.

Klewang

Senjata tradisional pertama yang berasal dari Suku Minangkabau yaitu klewang. Jika dilihat sekilas, maka senjata ini memang mirip seperti golok. Namun, Anda akan menemukan beberapa perbedaan.

Seperti misalnya berat serta bentuknya yang tidak sama persis seperti golok. Ada dua macam kelewang yaitu kelewang yang bermata lengkung dan ukuran panjang seperti pedang, serta klewang bermata lurus. Senjata ini zaman dulu digunakan oleh para pasukan Padri di perang Padri yang terjadi di Sumatera.

Namun tak hanya itu saja, senjata tradisional minangkabau satu ini juga digunakan untuk melakukan kegiatan pertanian oleh para masyarakat sekitar. Hingga sampai saat ini senjata klewang masih banyak digunakan oleh masyarakat. Memiliki bentuk yang cukup unik. Hal itu terlihat dari gagang senjata ini yang yang bergaris-garis serta menyerupai ular naga.

Sumpitan

Berikutnya senjata tradisional minangkabau yang bernama sumpitan. Atau terkadang masyarakat juga menyebut senjata ini dengan istilah sumpit saja. Senjata yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Sumatera Barat. Selain digunakan untuk melindungi diri, sumpitan juga umum digunakan dalam kegiatan berburu hewan.

Memiliki keunggulan yaitu daya tembak sangat jauh hingga 200 m dan memiliki akurasi yang cukup tinggi. Bentuk senjata tradisional yang satu ini berupa tabung kecil, sehingga memungkinkan anak panah dengan ukuran kecil dapat ditembakkan dengan jarak yang cukup jauh dan tepat sasaran.

Perlu Anda ketahui bahwasannya senjata ini tak hanya menjadi senjata tradisional Minangkabau, melainkan digunakan juga oleh para suku Dayak. Sumpitan menjadi warisan budaya para nenek moyang dari Suku Minangkabau. Oleh karena itu sumpitan saat ini sangat dilestarikan keberadaannya oleh para masyarakat sekitar.

Editor terkait:

Piarik

Untuk senjata tradisional minangkabau selanjutnya yaitu bernama piarik. Senjata ini memiliki bentuk menyerupai tombak dengan ujungnya yang memiliki tiga mata pisau yang tajam. Untuk daerah Sumatera Selatan senjata yang satu ini sering juga disebut dengan istilah trisula.

Bentuk dari senjata ini memang sangat dipengaruhi oleh unsur budaya agama Hindu. Banyak kegunaan yang bisa dilakukan dengan senjata yang satu ini. Salah satunya yaitu untuk melakukan perburuan hewan-hewan dengan ukuran yang cukup besar. Dengan memiliki mata pisau berjumlah tiga, maka senjata ini tergolong cukup mematikan.

Dari sejak dulu memang senjata ini sering digunakan untuk melakukan perburuan. Merupakan salah satu warisan budaya sehingga sangat dijaga oleh para warga Minangkabau. Oleh karena itulah senjata ini merupakan salah satu senjata tradisional dari Suku Minangkabau.

Kerambit

Kerambit kadang juga disebut oleh para masyarakat sekitar dengan istilah kurambik. Senjata unik yang satu ini memiliki bentuk serupa pisau genggam yang kecil. Serta bentuk dari senjata ini melengkung. Yang perlu Anda ketahui bahwasannya senjata kerambit ini pernah disebut sebagai salah satu dari jenis senjata yang paling mematikan di seluruh dunia.

Bahkan salah satu negara menggunakan senjata tradisional minangkabau sebagai atribut wajib yang perlu digunakan oleh para tentaranya. Sekalipun senjata tradisional Suku Minangkabau yang satu ini terlihat sangat kecil, namun memiliki kemampuan yang bagus dalam melumpuhkan lawan ataupun hewan.

Dengan menggunakan senjata ini bisa melakukan gerakan yang sangat cepat, karena memang bobotnya yang cukup ringan. Oleh karena itu masyarakat Suku Minangkabau sering kali membawa senjata ini terutama ketika dalam perjalanan yang jauh. Hal itu bertujuan untuk menjaga diri ketika terjadi kejahatan yang tidak diinginkan.

Oleh karena itulah senjata kerambit banyak menyebar di seantero Indonesia. Senjata tradisional ini kabarnya terinspirasi dari cakar harimau. Cara menggunakannya hampir sama seperti ketika Anda menggunakan pisau. Kerambit sangatlah efektif dalam suatu pertarungan jarak dekat.

Para jawara yang berasal dari Suku Minangkabau dan memiliki aliran silat harimau sangatlah lihai dalam menggunakan senjata tradisional yang satu ini. Saat ini mungkin Anda akan menemukan banyak sekali pilihan untuk senjata kerambit. Karena memang seiring waktu banyak yang melakukan modifikasi terhadap kerambit. Ada dua jenis senjata tradisional minangkabau kerambit yaitu kerambit tajam tunggal serta kerambit tajam ganda.

Ruduih

Untuk senjata tradisional minangkabau berikutnya yang perlu Anda tahu yaitu ruduih. Dilihat sekilas, maka Anda akan menemukan kemiripan antara senjata ini dengan golok. Zaman dulu senjata ini banyak sekali digunakan untuk berperang.

Namun, saat ini senjata tersebut lebih dimanfaatkan untuk kegiatan berburu hewan. Memiliki bentuk serupa klewang. Bentuknya memang menyerupai sebuah pedang dengan bagian sisi yang sama tajam. Akan tetapi ada perbedaan antara senjata ini dengan klewang, salah satunya yaitu terletak pada bentuknya.

Jika bentuk kelewang lebih mirip seperti naga maka untuk senjata yang satu ini cenderung memiliki bentuk yang sederhana. Merupakan salah satu senjata yang pernah digunakan dalam peperangan manggopoh. Anda bisa melihat senjata tersebut di museum perjuangan.

Keris

Keris merupakan salah satu senjata tradisional minangkabau yang cukup populer di banyak daerah. Salah satunya juga yaitu di Minangkabau. Keris ini termasuk dalam senjata tradisional Minangkabau. Keris tersebut memiliki ketajaman yang luar biasa, karena memang selalu diasah dengan sangat baik. Terkadang keris ini digunakan untuk pelengkap suatu acara upacara adat.

Namun tidak semua upacara adat memerlukan kehadiran dari keris ini. Perlu Anda ketahui bahwa mata keris Minangkabau ini menghadap ke arah kiri. Hal itu memberikan maksud bahwa seseorang harus selalu bertindak serta berpikir dengan hati-hati. Senjata dari Minangkabau ini merupakan lambang dari suatu keagungan.

Editor terkait:

Karih

Berikutnya yaitu senjata tradisional minangkabau yang bernama Karih. Jika dilihat bentuknya memang serupa seperti keris. Senjata ini merupakan salah satu senjata tikam. Biasanya digunakan dalam suatu pertarungan jarak dekat. Selain itu juga senjata ini dapat digunakan sebagai pelengkap maupun aksesoris yang dipakai oleh seorang laki-laki dalam acara pernikahan.

Umumnya diletakkan di bagian depan badan. Para penghulu sering menggunakan senjata ini dalam acara malewa gala. Para mempelai pria akan menggunakan senjata ini selama acara pernikahan berlangsung. Anda juga akan menemukan senjata ini digunakan pada saat pertunjukan silat oleh Suku Minangkabau.

Tombak Mata Besi

Untuk senjata tradisional minangkabau yang terakhir yaitu tombak mata besi. Memiliki bentuk seperti umumnya tombak, namun dengan ujung yang terbuat dari besi yang runcing. Penggunaan senjata yang satu ini biasanya digunakan dalam kegiatan berburu.

Selain itu, tombak mata besi juga dapat digunakan sebagai alat untuk melindungi diri. Tombak mata besi sampai saat ini masih digunakan oleh suku pedalaman.

Baca juga kumpulan materi tentang Senjata Tradisional di indonesia atau materi menarik lainnya di Market Plays